Pendidikan adalah usaha
sadar dan terencana dalam membentuk kepribadian, mengembangkan potensi dan
budaya serta menciptakan suasan belajar. Pendidikan bertujuan membentuk
seseorang kearah yang lebih baik.
Professional
berasal dari kata profesi, yaitu pekerjaan yang mensyaratkan adanya pelatihan
penguasaan pengetahuan tertentu dan biasanya memiliki asosiasi profesi, kode
etik dan proses sertifikasi serta izin atau lisensi resmi.
Guru Professional adalah
guru yang memiliki seperangkat kompetensi pengetahuan keterampilan dan perilaku
yang harus dimiliki dan dihayati.
UU 14 2005 tentang
Guru dan Dosen BAB IV Pasal 10 ayat 91: Kompetensi guru meliputi :
1. Kompetensi pedagogic, kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik atau
siswa yang meliputi pemahaman terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan
pembelajaran evaluasi hasil belajar dan pengembangan siswa dalam menggali
potensi yang dimilikinya.
2. kompetensi
kepribadian, kemampuan yang mantap,
stabil, dewasa, berwibawa dan menjadi teladan bagi siswa.
3.
kompetensi social, kemampuan
mengarahakan siswa dalam hidup bermasyarakat
4. kompetensi professional yang diperoleh melalui pendidikan
profesi, kemampuan penguasan materi pelajaran.
Kompetensi Guru adalah
seperangkat peguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat
mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif. Dengan kata lain, kompetnsi
adalah kemampuan atau kecakapan yang dimiliki seseorang hingga ia mempunyai
wewenang untk melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.
Kompetensi itu melitputi:
1. Kompetensi intelektual, kemampuan perangkat pengetahuan yang
diperlukan dala menunjang berbagai aspek kinerja sebagai guru
2. Kompetensi pelayanan, kemampuan yang harus dimiliki
seorang guru berkaitan dengna pemberia layanan kepada peserta didik.
3. Kompetensi pribadi, kemampuan yang harus dimiiki seorang
guru berkaitan dengan sikap dan tingkah laku seorang guru.
4. Kompetensi social, kemampuan interaksi sosial secara
efektif
Peranan Guru dalam pembelajaran
§
Peranan Utama Guru adalah
membrikan pengetahuan (kognitif), sikap dan nilai (afektif) dan keterampilan
(psikomotor) kepda peserta didik.
§
Peranan Guru Di Sekolah
membimbing proses belajar mengajar utu mencapai tujuan pendidikan, dengan kata
lain guru bukn hanya mengajar tapi juga harus mendidik peserta didik untuk
menjadi orang dewasa
§
Peran lain guru
antara lain:
a. Guru sbg sumber belajar
b. Guru sebagai fasilitator
c. Guru sebagai pengelola
d. Guru sebagai demonstrator
e. Guru sebagai pembimbing
f. Guru sebagai motivator
g. Guru sebagai evaluator,
§
Pendidik
adalah orang dewasa yang memiliki kemampuan untukmengembangkan potensi peserta
didik.
Strategi pembelajaran adalh
siasat guru dalam mengefektifkan, mengefisienkan serta mengoptimalkan fungsi
dan interaksi antara siswa dengan komponen pembelajaran dalam suatu kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran.
Dalam strategi terdapat
metode (cara).
Jenis srategi pembelajaran
antara lain, StrPmebeljaran Ekspository (SPE), strategi pembelajaran Inkuiri,
strategi pembelajaran Kooperatif, strategi pembelajaran berbasis masalah.
Metode adalah
cara yag digunakan pendidik dalam mencapai tujuanpendidikan
Pendekatan
adalah titik tolak terhadap proses pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar